MENANG KUIS DI MEDIA SOSIAL? BISA ASAL NIAT

HAI HAI!

Today I'm going to share my experience winning a couple of quiz that make everybody tell me that I'm a lucky. Well I do prefer say that I'm blessed not lucky. So here we go.

Jadi perjalanan saya mulai suka menang kuis itu diawali ketika saya mulai niat untuk ikutan kuis. Yaiyalah ya menang kuis pasti diawali dengan ikutan kuisnya dulu. Jadi kuis pertama yang pernah saya ikuti adalah kuis Thomas & Uber Cup di salah satu stasiun televisi swasta, agak lupa tepatnya tahun berapa yang pasti saat itu saya sedang di rumah siang-siang pulang sekolah lagi gabut dan iseng menghubungi hotline kuis yang ada di TV. Bener-bener iseng, tapi niat. Saya udah standby di depan telepon rumah dan mulai menghubungi nomor hotline kuis itu sejak iklan di mana saya tahu setelah itu adalah jam kuis. Hotline tersebut selau bernada sibuk, I 100% aware that I'm not the only person who're hitting the hotline. Tiap terdengar nada sibuk, langsung saya matikan dan coba menelpon lagi, terus saya lakukan setiap hari selama acara Thomas dan Uber Cup berlangsung. Until one fine day, nada sibuk yang biasanya saya dengar berubah menjadi nada sambung dan terdengar suara operator di ujung sana. Kira-kira percakapannya begini, (jujur agak lupa)

"Selamat siang, Ibu namanya siapa?"

"Nama saya Jessica." (saya lihat di tv situasi masih iklan)

"Kita akan on air dalam beberapa saat lagi , 5, 4, 3, 2, 1" (doi hitung mundur)

Dan ga lama saya disapa oleh host kuis tersebut, dan nama saya langsung muncul di TV. Disuruh menyebutkan password yang kalau tidak salah tagline minuman berenergi salah satu sposor acara kuis Thomas & Uber Cup tersebut.

Jawab pertanyaan ala-ala yang super mudah, di mana pilihan A dan B-nya sangat berbeda jauh pake dikodein pula sama host-nya mana jawaban yang benar.

Long story short, saya dapat hadiah tabungan Rp 1 Juta Rupiah. AND I FEEL GOOD!
Sejak saat itu saya terbilang rajin ikutan kuis apapun itu, kadang ga melulu liat hadiahnya tapi semacam kepuasan pribadi kalo bisa menang.

Sebenarnya ga cuma kuis sih, saya juga suka banget yang namanya door prize, misalnya aja dapat kupon setelah melakukan pembelian dengan total sekian di mana mungkin kebanyakan orang agak males ngisi-ngisi kupon dan pesimis di awal untuk ikutan, but not me, I will do it with my pleasure hahaha. Dulu inget banget pas kuliah, di salah satu mall di Jatinangor (hmm ralat maksudnya satu-satunya mall di Jatinangor), waktu itu mall tersebut lagi ulangtahun di mana mereka bagi-bagi doorprize dengan minimum belanja yang ga terlalu besar, kebetulan saat itu pacar saya mendadak beli sepatu di mall tersebut dan dapatlah kupon-kupon tersebut dapat 4 kalo ga salah. Si pacar ini paling males ngisi-ngisi repot gitu, yasudah saya isi saja dengan nama saya semua tanpa ragu dan tanpa eskpektasi apa-apa juga secara itu mall-nya juga bukan mall yang gimanaaaa hadiah paling bagusnya saat itu kalo ga salah hp samsung keluaran beberapa tahun lalu, intinya kejadian itu saya lupain aja, eh ternyata beberapa bulan kemudian ditelepon sama pihak mall kalau saya menang undian, dapet power bank. LUMAYAN KAN. Saat awal-awal kerja juga pernah dapat doorprize tiket pesawat Garuda PP Jakarta-Malang pas ada bazaar di lobby kantor. Yah walaupun ga jadi berangkat padahal udah issued tiket gara-gara mau ujian Paper In Class pas masih jaman training awal-awal kerja.

Hobi ikut kuis dan doorprize yang awalnya kuis televisi ataupun doorprize-doorprize di acara mulai bergeser jadi kuis dan doorprize di media sosial. Following di Twitter dan Instagram saya penuh dengan brand-brand yang sering kasih giveaway ataupun kuis-kuis berhadiah ciamik.

 Setelah malang-melintang di dunia perkuisan media sosial, saya mulai mengamati tipe-tipe kuis yang ada. Kalo menurut saya kuis di medsos khususnya instagram itu terbagi jadi 3:

1. Kuis Wajib Repost 
Biasanya di kuis ini kita diminta untuk repost gambar ke akun Instagram pribadi kita, gambar tersebut diambil dari salah satu posting akun brand penyelenggara kuis, biasanya gambarnya sama persis  dan biasanya dikasih embel-embel untuk tag beberapa temen kita dan pakai hashtag tertentu. Jujur ini kuis Instagram yang paling jarang saya ikuti karena kriteria pemenangnya kurang jelas, at the end hampir semua orang ngepost hal yang sama kan? Jadi agak random pasti pemenangnya. Selain itu repost gambar secara tidak langsung merusak feed Instagram, hahaha saya bukan generasi yang sangat amat memperhatikan feed Instagram gimana juga sih tapi nanti akun IG saya kayak akun iklan gitu, takut kurang enak dipandang dari teman-teman di media sosial.

2. Kuis Ngepost Foto Kreatif/Tweet Kreatif
Nah ini tipe kuis lainnya nih, biasanya kita diberikan tema tertentu di mana kaum kuis hunter disuruh untuk upload foto yang sesuai dengan tema yang diberikan. Kasih caption semenarik mungkin jangan lupa pakai hashtag wajib yang disuruh, tag teman dan minta mereka like sebanyak-banyakanya.  Kuis seperti ini cukup sering saya ikuti, meramu caption yang aneh bin ajaib disesuaikan dengan foto yang diupload jadi tantangan tersendiri. Kadang saya search dulu hashtag yang diwajibkan dalam kuis ini, untuk memantau udah berapa banyak yang ikut kuisnya dan rata-rata pada buat caption seperti apa. Setelah memantau saya usahakan untuk buat caption dan cari foto yang beda dari kebanyakan netizen.

3. Kuis Comment Kreatif dan TCepet-cepetan
Ini tipe kuis paling favorit ini karena effortless just simply memainkan jari-jari di kolom komentar, mau liat perbandingan sama peserta kuis lain juga gampang, ga perlu search hashtag tinggal scroll atas bawah, easy. Selain memerlukan kreativitas biasanya kuis tipe ini mengharuskan kecepatan, kadang semakin cepat kita reply comment di post tersebut, kita adalah kandidat juarannya. Well, ini memang untung-untungan juga sih, pas lagi buka IG misalnya pas banget ada pengumuman kuis yang tulisannya baru 35 seconds ago, atau 1 minute ago nah jari-jemari dengan kecepatan cahaya  wajib googling deh tuh kalo ga tau jawabannya, dan langsung jawab di kolom komentar. Di tipe kuis kayak ini saya cukup sering menang nih, waktu itu pernah dapat saldo Jenius Rp 500rb, pernah dapat eyeshadow warna hijau dari MatahariMall.com (yang sampai sekarang belum berani dipake), dapet voucher bluebird 200rb, dan lain sebagainya.







Salah satu pengalaman menang kuis yang paling berkesan waktu itu adalah menang All Access 2 hari IdeaFest 2017. Ini waktu ikut kuisnya emang niat banget, nama kuisnya "Live More Ideas Contest" jadi kita diminta untuk share ide kita untuk membuat hidup kita lebih hidup sesuai tagline si bank sponsor yaitu #LiveMore. Saya memang pengen banget datang di acara ini tapi berhubung harga tiket yang cukup mahal jadi urung deh niatnya, pas liat ada kuis untuk dapat tiket All Acces bener-bener deh ilmu menang kuisnya dipake banget mulai dari cek kompetitor pada jawab apa, sampe merangkai kata semalaman di notes HP sebelum akhirnya dishare di kolom comment. Dan pas menang rasanya HAPPY BEYOND MEASURE. Cuma bisa bersyukur sama Tuhan for His little gift di tengah kepenatan pekerjaan saat itu.

Nah itu tipe-tipe umum kuis di social media. Jujur makin kesini makin unik-unik aja modelya, ada kuis yang menonjolkan ketangkasan melakukan screenshot lah, mencari perbedaan gambar di instastory, pake sistem voting, dll. Makin kreatif dan makin susah-susah :'). Kalo ada yang tau tipe-tipe kuis Instagram lainnya bisa share di kolom komentar blog ini ya.

Setelah tau tipe-tipe kuis, saya akan share juga beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi cara-cara menang kuis khususnya kuis di media sosial,

Pertama, jangan sungkan untuk follow semua akun yang sering kasih kuis ataupun giveaway. Ini langkah awal banget untuk bisa menang kuis karena gimana mau menang kalo ga pernah ikutan kuis kan? Kalo emang hobi untuk scroll down timeline medsos setiap harinya ya mudah aja karena kita akan terinformasi tiap ada kuis yang lain going on.

Kedua, setelah kita terinformasi dengan kuis-kuis yang ada kita harus pilih kuis-kuis mana yang bisa kita lakukan, tiap kuis punya langkah-langkah yang perlu diikuti dan syarat-syarat pesertanya. Baca bener-bener deh semua syarat dan ketentuan yang berlaku, ini penting banget nih, banyak orang yang cuma baca sekilas aturan kuisnya jadinya banyak ketentuan yang terlewat padahal penting, misalnya pakai hashtag tertentu. Jangan sampai lupa pakai hashtag yang dipersyaratkan karena biasanya juri dari kuis ini akan cari pemenang by search hashtag, percuma kan kalo kita udah ikutan kuis tapi pas proses penilaian, jawaban kita ga diikutsertakan.

Ketiga, belajar untuk membaca peluang kemenangan kita. Kalau saya pribadi sih lebih prefer untuk ikutan kuis di akun-akun instagram yang follower-nya belum terlalu banyak atau biasanya interaksi di akunnya belum banyak, plus dengan periode keikutsertaan kuis yang hanya sebentar. Hal ini membuat kans kemenangan kita lebih tinggi karena jumlah kompetitor kita tidak terlalu banyak.

Lanjut poin keempat, kalo saya (seperti yang sudah disebutkan sebelumnya) lebih prefer untuk ikut kuis dengan upload foto + caption kreatif ataupun commet kreatif dibanding kuis yang minta repost gambar. Kenapa? Karena disini saya bisa berkarya, kreativitas benar-benar diuji disini, gimana caranya kita buat caption semenarik mungkin dan dibuat beda dengan jawaban peserta kuis lainnya. Biasanya saya memantau dulu tuh peserta kuis lain pada jawab apa sih, baru deh setelah selesai memantau saya coba buat konten yang paling unik, out of the box dibanding yang lain.

Poin kelima adalah rajin ikut kuis dan ga usah diinget-inget, ikut aja kuis sebanyak-banyaknya, biarkan itu menjadi taburan benih yang jika Tuhan berkenan ada tuaian-nya di kemudian hari :''''). Sambil berdoa dan hope for the best.

Itulah sekian cerita dan tips-tips menang kuis dia media sosial. Yang mau share soal pengalaman menang kuis ataupun tips-tips menang kuis, feel free to leave your comments here.



Terima kasih yang sudah membaca cerita ini dari awal sampai akhir. Stay happy guys! GBU.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setahun di Jatinangor

Miracle :)

It's Okay To Be Not Okay